Taman Nasional Alas Purwo

Gua sedang berusaha agar giat membuat tulisan ataupun video. Untuk tulisan, kali ini gua akan menceritakan pengalaman-pengalaman gua setelah Australia. Dan semua tulisan ini akan gua beri awalan judul “Dah Jakarta….”. Tulisan-tulisan di “Dah Jakarta…” akan acak secara waktu, contohnya tulisan pertama adalah tentang pengalaman gua di Madura. Yang notabene terjadi di tahun 2017.

Flashback sedikit yak, jadi September 2016 gua kembali ke Jakarta, setelah sebelumnya tinggal di Darwin, Australia selama satu tahun. Sejak tiba di rumah, gua udah tahu kalau gua nggak mau lama-lama di Jakarta. Target awal gua adalah pergi lagi dari Jakarta di bulan Oktober. Eh… gara-gara keenakan jadi bablas sampai dua bulan hahaha…. Nah, di pertengahan November 2016 gua cabut dari Jakarta dan pelan-pelan kelana ke arah timur pulau Jawa. Secara ringkas rute yang gua ambil adalah: Jakarta – Karawang – Bandung – Jatinangor – Garut – Pangandaran – Purwokerto – Yogyakarta – Tulungagung – Kediri – Madiun – Surabaya – Madura – Bromo – Malang – Pasuruan – Ijen – Banyuwangi – Bali. Dan untuk update terakhir, saat ini gua sedang tinggal di Hanoi, Vietnam sejak akhir agustus 2017.

Ada beberapa teman yang pernah bertanya ke gua mengenai tujuan gua berkelana dalam waktu yang lama. Cari apa? Mau apa? Gini pren, Gua ingin bertemu orang dengan berbagai latar belakang. Ya, sesederhana itu. Tempat-tempat yang indah dan menarik ya penting juga sih. Keberagaman orang-orang yang gua temui dalam perjalanan pada akhirnya memperkaya pemikiran gua, membuat gua menjadi lebih luwes (self-proclaim tentunya) dalam menjalani kehidupan. Dan juga lebih luwes menyikapi propaganda-propaganda politik di sosial media. Semoga apa yang gua unggah bisa membuat lini masa lu jadi lebih berwarna, nggak melulu soal Jokowi, Prabowo, Pelakor dan Pebinor. Silakan klik di sini untuk membaca pengalaman gua di Madura.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *